Pages

Kamis, 16 September 2010

Bahaya Narkoba

Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Pemakaian Narkoba
Menurut Harawi (2000), bahaya yang ditimbulkan akibat permainan narkoba adalah:
1. Intosikasi
Keadaan keracunan zat atau obat bisa oleh overdosis atau usaha bunuh diri yang akan menimbulkan gangguan mental organic selanjutnya ancaman kematian.
2. Sindroma putus zat
Keadaan kraring atau sakaw atau sugesti (kecanduan ingin mendapatkan obat untuk mengatasi keadaan kegelisahan fisik dan psokologik).
3. Euferia dan kewaspadaan berlabihan dapat menjadi kecelakaan, perkelahian, kriminalitas dan gangguan ketertiban masyarakat.
4. Komplikasi fisik
a. Opium : Obstifasi kronis, impoten dan gangguan menstruasi.
b. Ganja : Pemakaian lama menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang infeksi, ganja juga memperburuk aliran darah koroner.
c. Kokain : perforasi septum nasal, anemia, malnutrisi, aritmia cordial.
d. Antefetamin : Pendarahan infracranial aritmea, malnutrisi dan anemia.
e. Alkohol : Kanker saluran cerna, gastritis, perlemahan hati, gangguan metabolisme lemak, karbihidrat protein, cacat janin dan serosis hepatis.
f. Ekstasi : Gemetar (tremor), depresi berat yang mengakibatkan muncul fikiran bunuh diri dan kematian sia-sia, halusinasi.

5. Komplikasi sosial
Pada pemakai biasa mengalami kemunduran prestasi belajar atau bekerja, mungkin berhenti sekolah atau bekerja, kesulitan ekonomi dan vinansial, timbulnya krisi rumah tangga.
Seiring terjadinya kekerasan disebabkan karena mengganggu tanpa pekerjaan tetap, demi untuk kelangsungan hidup dan memenuhi kebiasaan mengkonsumsi narkoba, maka terpaksa melakukan pencuria, perkelahian, pelacuran atau perbuatan kriminal lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar